Q&A Setelah Menikah


Holaa.. Assalammualaikum apa kabar pembaca budiman? Sehat selalu ya, jangan lupa physical distancing masih berlaku dan selalu pake masker kalau kemana-mana sama sering-sering cuci tangan ya. Anyway.. Akhirnya ada artikel baru yang aku publish. Gak tanggung-tanggung eh gak tau deng ini tanggung atau enggak. Kali ini tema yang diangkat tentang pernikahan. Lebih tepatnya apa aja yang udah dilalui jelang 1 tahun pernikahan. I know this is too early but I hope this relationship keep going until jannah (amiiin).

Beberapa temen yang menjelang nikah atau yang OTW ke jenjang pernikahan juga pada tanya Gimana rasanya menikah dan apa suka dukanya? Hampir setahun kok belum ada momongan, nunda? (Ini nih cikal bakal mom shamming) Dan masih banyak lagi. Baiqlaah  terlalu panjang ya Allah intronya Better, aku buat Q&A aja ya disini, dan tentu aku ambil topic yang paling sering ditanya dari temen-temen offline tentang pernikahan dan tentang suami. Eitss for disclaimer ini enggak ngegibah atau buka aib keluargaku ya still stay safe.  Tenang masih dalam ranah Gimana aku ngedepin orang baru dalam hidup aku hampir 24 jam yang karakternya beda banget sama diri ini. Finally answer semoga kalian baca sampai bawah ya. Dibaca menjelang tidur , atau ketika nganggur. Huhuh awas ke enakkan.

Q : Gimana rasanya menikah? – Paling sering dapat pertanyaan kek gini dari tetangga, temen, sodara atau netizen sekitar.

A : Gimana ya, Aku gak akan jawab B aja karena emang gak B aja. Lebih ke general ya jawabnya. Ada banyak yang dirasain setelah menikah. Tentu ada masa-masa sedihnya, kayak roller coster gitulah. Tapi sejauh ini kebanyakan rasa bahagianya, semoga selamanya ya. (AMINNNIN DONG). Bahagia udah jadi satu sama orang yang di pilihin Allah yang ternyata juga pilihanku. Gak ada paksaan, gak hasil ngerampok gak nikung punya orang. Heheh. Menikah itu menyenangkan bisa share apapun ke pasangan. Saling topang, saling pandang berpahala pula.

Q : Dipasuta kan pendiem, terus krik krik gak kalau di rumah ?

A : Bagi yang baru kenal mas Dipa dan Aku. Pasti langsung menyimpulkan karakter kita ini beda jauh. Kebanyakan terheran-heran atau langsung buat asumsi pasti aku yang ngedeketin dia. Padahal enggak. Mas Dipa waktu itu gencar banget ngedeketin, klo buat bahan obrolan ada aja. Bahkan yang sering banyak omong dia, even aku juga cerewet sih. Kalau di rumah, Dia kadang ngomong yang aku gak paham karena dia itu bahasanya kadang kek formal banget. Tapi emang sih aku yang banyakan ngomongnya, intinya dia gak krik-krik seperti yang kalian bayangkan.

Q : Siapa yang paling pecemburu diantara kalian ?

: Mas Dipa. Tapi dia selalu beralibi kalau cemburu tanda cinta. OKE ACCEPTED!. But its doesn’t meaning kalau aku gak pernah cemburu sama sekali ya. Ada yang perlu aku cemburui ada yang menurutku gak perlu. Karena dasarnya aku ini bukan tipikal orang pencemburu. Aku lebih percaya aja sama pasangan, sekiranya ada alasan soal kerjaan misal, ya aku oke-oke aja. Sedangkan  Dipasuta itu orangnya pencemburu. Dia kadang ngasih batasan seperti jangan keluar sama temen cowok meskipun itu ada ceweknya.  Alasan tepatnya sih dia berusaha ngejaga aku SUPAYA gak ada fitnah tentang aku diluaran sana. Dia itu sebenarnya ngizinin aku keluar sama temen-temen tapi kalau bisa jangan ada temen cowok kalau gak lagi sama dia/ dia ikut. Meskipun itu temen yang dia kenal KARENA menurut dia, memang iya kalau itu temenku dia kenal, tapi kan orang lain gak tau itu siapa, takutnya ada omongan “kok dian jalan sama cowok sih, suaminya kemana” nah hal itu yang coba mas Dipa hindari. Karena alasan dia cemburu itu make sense so far aku terima. Kadang sadar diri juga sih, karena udah merried jadi selain harus jaga nama baikku aku juga jaga nama baik suami. Jadi sebisa mungkin gak neko-neko.

Q : Pertengkaran hebat sejauh ini ada gak, klo ada itu biasanya tentang apa?

 A : Definisi pertengkaran hebat… emm, sehebat apa ya? Hehe. Kalau bertengkar itu pasti ada, namanya juga 2 kepala dalam 1 rumah. Beda latar belakang, beda pendidikan, beda asuhan jadi pola pikirnya juga beda. Sebenarnya kita itu sering banget tengkar (gak tiap hari juga kok), tapi mas Dipa selalu bilang kalau itu bukan pertengkaran tapi beda pendapat aja. Dari hal yang remeh temeh tapi nanti baikkan lagi. Jadi alhamdulillah sejauh ini pertengkaran hebat itu gak ada dan jangan sampek deh. Kalau pun ada sebisa mungkin difselesaikan dengan kepala dingin. Kita masing-masing punya cara buat calm down sendiri. kalau aku pribadi, setiap aku gak enak hati atau lagi marah, aku selalu minta dia buat ngebiarin aku sendiri, buat nenanging diri, karena kalau dirayu bla-bla aku bakalan tambah marah (hahaha, aneh ya di baikkin malah marah). Tapi emang I need time to healing my  felling. Paling cuma 2-3 jam lah, abis itu baik lagi dengan sendirinya. Lebih seringnya sih kalau lagi tengkar Mas Dipa yang minta maaf, meskipun kadang yang buat salah itu aku. Hehehe

Q : Sifat Dipasuta yang baru kamu tau pas nikah itu apa?

A : Sifat mas yang baru aku tau setelah nikah itu, hmm (pura-pura mikir keras) ..oh ya , dia itu tipikal orangnya kalau minta hari ini ya kalau bisa hari ini. Iya dia gitu. Tapi sebenernya gak ada sifat yang aku tau sejak nikah sih, karena dia kek gitu emang dari sebelum nikah. Hehehe. Gak ada pencitraan-pencintraan yang dia tunjukan sebelum nikah, karena ya dia kek gitu sejak dulu. Lagi, kalau dia gak mood wooo parah, ngebaikinnya itu butuh efford tapi kalau udah ya uda. I think he doesn’t like me at all. Itu yang kadang buat aku  “ih orang ini nyebelin tapi nggemesin”.

Q :Pernah ribet perkara uang gk? Terus gimana menyelesaikannya?

: Pernah, Hahaha ibaratnya harta gono gini yang didapat dari keringat berdua. Tapi itu gak lama kok. Namanya juga menyesuaikan 2 pendapatan buat pengeluran di rumah. Kek pengeluaran ini gajinya mas dipa yang dipakai, cicilan ini dibayar gajiku dan lainnya  karena tumpang tindah tugasnya jadi ada miss. tapi sekarang ini udah gak kok sama-sama ngasih pendapat masing-masing yang pada intinya okelah keknya masalah materi di rumah gak usah dibahas. Dia percaya kalau aku bisa ngatur keuangan rumah. Sebelum nikah pun kita sebenarnya udah discuss masalah materi. Mas Dipa yang nyuruh aku ngehandle itu termasuk gajinya juga. Dia cukup bawa sekedarnya untuk pegangan. Alhamdulillah sejauh ini cash flow aman terkendali karena ter-manage dengan baik.

Q : Gimana sih cara ngetasin bosan?         

: Aku belum merasakan bosan, dan jangan sampai ngerasain bosan. OKE SKIP! Karena menikah itu kalau bisa seumur hidup sekali. Jadi kalau ada tanda-tanda bosen segeralah cari cara untuk bisa ngebuat hubungan itu anget lagi. Entah liburan berdua atau kenapa gitu berdua. Entahlah ,(Kasih advice ya kalau kalian tau gimana caranya)

Q : Kamu nunda punya anak atau lagi pake KB ?

: Pertanyaan ini aku dijadikan penutup ya (fiuhh kek konten penting aja Hehe) takut terlalu panjang ini artikel. Enggak ya netizen budiman. Aku gak pernah nunda punya momongan. Kita kalau bisa pengen cepet, tapi karena belum dapat rezeki dari Allah, yaudah kita nikmati waktu berdua aja sembari nunggu. Bangun chemistry toh kita kenalnya kan juga belum lama,  dari kenal sampai nikah juga Cuma 1 tahun. Kadang sebel juga sih yang ngejudge kek gitu, Tapi yaudahlah. Dinikmati aja.

Komentar