Cerpen Tentang Arashi - Kumat Lagi

Assalammulaikum, akhirnya Tentang Arashi muncul lagi di permukaan. Setelah vakum setelah berbulan-bulan. Apalagi penyebabnya kalau gak kerjaan dan kemalasan yang sudah anteng hinggap di diri. yuks dibaca lagi. semoga masih interest ya.. 

 “Assalammualaikum..”

“Walaikumsalam, Sini makan dulu temenin bunda” Ajak bunda yang mengetahui aku akan menaiki anak tangga. Aku langsung menuju meja makan dan duduk disamping bunda. Lalu meraih satu piring nasi serta lauk pauk yang sudah Bunda siapakan diatas meja makan dengan muka masam.

“kok kelihatan ada yang aneh ya, sama mukanya anak bunda ini”

“aneh? Ada jerawat dimukaku Bun?” mendengar bunda berbicara demikian, buru-buru aku menyentuh wajah

“ya enggak gitu, kamu masuk rumah senyam senyum sendiri gak kayak kemarin flat banget mukanya. Udah baikan sama Aras?” tanya bunda penasaran.

“enggak ada apa-apa kok. Bintang mah fine-fine aja. Seperti kemarin kan, perasaan bunda aja kali ya”  jawabku sambil terkekeh

Emang benar ya, sense emak itu tajem banget. Tau aja kalau anaknya lagi girang kayak gini. Atau jangan-jangan si Bunda jadi stalker ku selama dikampus ya.

Bunda berdecak, mungkin karena sudah hapal dengan sifatku jadinya ya jawaban yang tadi hanya dianggap angin lalu “ Oh ya, nanti keluarganya Aras mau kesini”

Oke, biji mata akan lepas, ada angin apa sampai orang tuanya Aras mau kesini. Ulang tahunku bukan hari ini, Bunda udah lewat, apalagi Ayah. Terus mau ngapain kesini. Jangan-jangan bahas pertunanganku dengan Aras Alhamdulillah Gas terusssss

“Hei... malah bengong” ucap Bunda sambil menyindir lenganku otomatis ayam yang awalnya akan masuk mulut singgah di pipi

“ Duh bun! Bintang belopotan nih, Lah terus emang ngapain bun kesini, mau ngelamar aku ya” tanyaku dengan PD to the max sembari elus elus pipi mulus dengan tisu

“Bintang...  kamu masih fresh masuk Universitas udah mikir tunangan. Mau diketok apa ya itu kepala. Sekolah yang bener. Dapat nilai bagus, lalu kerja. Kok ya yang dipikir tunangan” Celoteh Bunda seperti rel kereta api.

“ya kan, Bun. Kali aja ortunya Aras mau kesini karena mereka sadar , kalau Bintang ini mantu idaman yang gak bisa dibiarkan terlalu lama pacaran sama Aras nanti akan jadi fitnah” kataku dengan santainya. Oke Bintang tahan nafas sebentar, Bunda akan lebih ngegas lagi habis ini. Calm down

“SEKOLAH YANG BENER YA. NAK!!. Orang tuanya Aras kesini karena mau ngasih undangan buat kakaknya Aras yang mau menikah. Kak Tia, sekalian ngajak ngobrol catering makanan yang mereka pesan di Bunda buat walimah an nya “ jelas bunda sejelas-jelasnya. Oke. Kan bener, saatnya duduk manis dan makan dengan lahap.

“tadi kamu pulang dianter Aras, kalian udah baikkan dan balikan?”

 “Ralat bun. Bintang gak ada hal yang ngebuat kita balikan karena kita baik-baik aja sedari dulu ya”

Bunda sudah mulai kepo urusan anak muda. Padahal dulunya cuek bebek macam aku ini anak tiri. Tapi ya kali ya, soal asmara anaknya doi gak mau kelewatan barang semenit doang.

“ohh, jadi gitu, terus kemarin diem-dieman sampai mingguan itu ada apa?, Bintang ya, kalau bunda tanya jawabnya selalu nyebelin” Gerutu bunda.

“hahaha, itu ujiannya orang tua, Bun. Udah ah, Bintang udah kenyang, makanan bunda selalu enak dan berhasil ngebuat Bintang ngantuk mendadak. Apa jangan-jangan ada obat tidurnya?? . Bintang keatas dulu ya” Pamitku dengan kecupan manis di pipi bunda, dari jauh aku bisa melihat kalau Bunda berdecak kesal dengan anak semata wayangnya ini

Ambruk di ranjang, aku segera memeriksa hp yang ada di dalam tas. Selama satu meja makan, Ayah punya aturan no hp on the table, dan itu jadi junjungan banget.  Benar saja, ketika hp adem ayem di tas, sudah  ada  5 chat dan 4 panggilan dari Aras yang urgent banget kayaknya. Gak deng chat receh sebenernya . Info kalau dia udah ada dirumah, trus tanya lagi ngapain dan bla bla. Ceileh dia kasmaran lagi rasanya. Gak papa sih, dia kayak gitu rasanya kangen 2 minggu  kemarin no kabar terobati. sudah Apalagi yang tadi siang. Oke tenang Bintang, atur nafas lalu hembuskan dengan benar. Saatnya bales pesan singkat dan pamitan tidur.  Ketik “aku mau tidur, sayang!” 

Ketik pake kata sayang!, what Bintang pake kata Sayang cieleeh, bener-bener nih ya, konslet nih otak jadi ngetik sok romantis ke pacar.

Oke,

Pesan singkat yang menurutku itu cuek banget. nyebelin loh ya, bukannya tadi chat beruntut itu tanda khawatir, udah deg-deg ser nunggu jawaban. Lalu Aras Cuma bilang oke. Baiklah mending tidur. BODO AMAT- lah sama balasan chatnya dia. Aku lagi proses sebal.

***

Melirik jam beker diatas nakas samping ranjang, sudah pukul setengah 5, oh ya belum sholat ashar. Pas Waktu akan turun tangga, aku dengar suara remang-remang orang ngobrol, waktu noleh ke pinggir tangga, disana sudah ada keluarganya Om Ryan dan Tante Mia, Aras juga datang kesini. Dan Teng! , Aras langsung noleh ke atas dan well kita tatap-tatapan indah seperti sinetron. Samar-samat aku mendengar dia pamit dan berajalan menaikki anak tangga. Aku mundur perlahan supaya tak ada yang tahu aku menguping pembicaraan dari atas.

“mau ngapain ke atas” tegurku saat Aras sudah di anak tangga paling ujung

“Disuruh bunda naik ke atas”

“lah bunda ngizinin emang? Apa jangan-jangan kamu pamit kemana tapi melenceng ke kamarku, ya kan. Ngaku?” Aku berasa introgasi maling yang sedang ketangkep basah. Ditambah dengan muka Aras yang mengatakan kalau dia sedang sebal dengan kalimatku barusan.  Matanya membola siap untuk ditendang ke arah gawang. Tapi tetap, gantengnya gak pernah ilang. Aku mundur seketika, jaga-jaga kalau doski maju lalu melintir ini kepala kayak biasanya.

 Maju perlangkah “Bundamu yang nyuruh aku ke atas buat ambil katalog, kamu itu ahh, negatif thingking mulu. Kamu bangun tidur? Mandi gih, sholat!!” perintahnya lalu melewatiku dan berjalan menuju lemari disamping kamar bunda dan ayah, setelah itu dia langsung turun ke ruang tamu

Kembali melewatiku lagi, dia dengan nada sedikit keras meledek “ mandilah, baumu sudah tak bisa tertolong, ilernya yang di pipi tolong di bersihkan” spontan, aku memeriksa pipi yang ditunjuk Aras, rasanya ada yang aneh, lebih baik kabur kedalam kamar untuk bebenah. Aras kampret tadi udah baikkan sekarang usil lagi. Untung saja perasaan sayang tak bisa hilang dengan gampang.

“Bintang..” Sapa Dira dari kantin saat aku akan masuk ke gedung Fisip. Dia mengayunkan tangan pertanda mengajakku untuk join bersamanya. Melihat jam di tangan masih ada spare waktu 20 menit untuk masuk kelas. Jadi aku putuskan untuk menuju ke tempatnya duduk , tapi langkahku terhenti seketika ketika sesosok muncul dan meletakkan sepiring nasi goreng di depan Dira. Oh shit! Itu Gito.

“woy.. bintang sini!” tegur Dira, dan membuat Gito menoleh ke arahku. Kalau Aras tau bisa jadi perang dunia nih

“yaelah sini aja napa, gue gak gigit kok” ajak Gito

Oke, anggep aja gak sengaja ketemu Gito. Kan niatnya ketemu Dira ya. Baru aja mau duduk Gito udah nyari gara-gara dengan mepetin kursinya.

“minggir!!, kumannya banyak”sergahku padanya

“yee.. ini kan tempat duduk gue, lu sana yang minggir”

Aku hanya berdecak, sumpah Gito nyebelin.

“udah.. udah ... kalian ini apaan sih, duduk dengan tenang plis jangan washing time dong guys” Dira mencoba menengahi. “Bintang lo mau makan apa ? “

“enggak makaasih, gue udah makan tadi dirumah”

“jangan-jangan elo lagi diet ya, Bi . udah kalau gemuk, ya gemuk aja” timpal Gito yang udah siap aku lempar bom. Emana gitu manusia planet emang harus di binasakan dari depan mata.

“bacot diem” suaraku lirih tapi tajem buat didengar Gito

“bodyguard lo mana. Bi. Biasanya dia nempel kayak lem sama lo.  Kalian putus ya? Alhamdulillah”

Gue ngelirik Gito tajam “its not your bussines”

Dira pun sadar, dia paham kalau Gito ini udah kayak sampah terutama omongannya “udahlah, To gak usah nyari gara-gara. Makanlah sana”

“beneran gak makan, Bi . Atau join sama gue aja nih” Dira menyodorkan sesuap nasi goreng ke mulutku

Aku menolak halus. Sebenarnya aku belum makan, ya iyalah Aras jemputnya terlalu pagi. Bunda lagi keluar ke pasar buat belanja tasyakurannya kak Tia. Aras masuk pagi yang Cuma selisih 1 jam dengan jam kuliahku, jadinya aku di jemput pagi. Lapar sih, tapi satu meja sama Gito udah kesalahan, gak boleh lama-lama nanti ada netizen yang nyinyir lalu laporan ke Aras bisa bahaya. Bakalan ada perang fakultas nanti.  

“lo.. kenapa pilih Dika, dari sederet cowok yang ngedeketin lo, termasuk gue yang lebih kece ketimbang dia” Gito berkata dengan enteng sembari mengunyah nasi goreng.

Aku tertegun dengan omongan Gito, ya sebelumnya dia pernah sih ngomong dulu. Pas jaman sekolah, tapi enggak aku indahkan. Ya kan aku udah kesemsem sama Aras, no bodies not falling in love with him. Dia baik, ganteng, ramah, pinter, anak basket, band, prestasinya udah tersounding di sekolah tetangga. Nah ini, gak apple to apple sama sekali sma Gito. Memilih melirik jijik ke Gito aku lebih baik gak ngegubris omongan dia.

“Dir, gue ke kelas dulu ya, mau make up an bentaran” pamitku

“ga usah make up an, muka lo udah jelek dari sononya, mau di apa-apain ya gitu-gitu aja” sambar Gito yang udah dapat pukulan kepala dari Dira. Alhamdulillah setidaknya kesalku terbayar dengan melihat Gito ngeringis kesakitan pegang kepalanya.

“iya, Bi ntar gue nyusul”

Samar-samar aku dengar Dira ngoceh ke Gito, mungkin ngasih ultimatum. Entahlah, aku lebih baik menuju kelas. Aku pernah bilangkan Gito itu dari face udah ganteng tapi kelakukannya kayak gak tahu aturan. Senggol sana senggol sini. Kan kisah sebelumnya dia sama Tia. Mungkin juga dia udah tidur sama Tia. Iya mungkin. Kan gitu terkenal suka ambil virgin anak orang. Entah gosip itu benar apa enggak, aku juga gak terlalu perduli. Tapi ya kok bisa dekat sama Dira, yang notabene anaknya baik, tegas dan kupikir dia gak bodoh buat tahu semua itu.

Sebuah pesan singkat masuk dengan nama pengirim Aras

“Bintang, km udah masuk kelas, ntar selesai kelas aku tunggu di kantin FE aja ya, ntar km nyusul”

Oke – send , singkat , padat dan jelas setelah itu aku kembali memasukkan ponsel ke tas dan menuju kelas.

***

-aku udah di tkp- pop up pesan muncul dilayar ponsel. Aku segera mengemasi buku dan menuju  fakultas ekonomi setelah dosen keluar ruangan.

“langsung kerja Dir?”  tanyaku pada Dira yang berjalan disampingku

“iya, gue langsung kerja, eh Bi. Maaf ya omongannya Gito yang tadi pagi”

“gpapa , gue tau kok, Gito omongannya sampah semua , hehe jadi gak pernah gue pikirin. Ya udah ati-ati ya”

Dira membalas dengan anggukan kemudian menuju parkir motor yang ada disebelah gedung Fisip. Sedangkan aku ke arah kanan yang bertolak belakang dengan jalan Dira untuk menuju fakultas Ekonomi.

Dari kejauhan, aku bisa melihat Aras yang sedang ngobrol dengan temannya. Tapi tunggu deh. Kok temannya itu gak asing ya, rasanya aku kenal, kayak orang yang aku temui tadi pagi. Dari jauh mereka ngobrolnya juga gak santai. Lebih tepatnya Aras kayak garang gitu.  Mungkin agak majuan aku ngeh siapa yang ngomong sama doski. Sumpah demi emak gue yang kalau masak enak gak ketulungan. Mereka itu Gito sama Aras. Tolong pisahkan mereka. Aku mempercepat langkah dan menghampiri mereka berdua.

“Arasss..”

Keduanya pun menoleh kearahku.

 

Komentar

  1. Cerita kedua kapan di upload lagi kak? Padahal ak sudah nunggu dari 9 desember loh kak

    BalasHapus

Posting Komentar