Cerpen Tentang Arashi - Sahabat

Part 15 of tentang Arashi. lamanyoo updatenya. iya, ya gitulah kalau mood lagi ngeggarap cerpen ilang kebawa angin puting beliung. hehe enggak deng bercanda. belum sempet aja update kemarin-kemarin, maka dari itu, penebus dosa jadinya ngetik lumayan panjang.

Tiga bulan setelah kita jadian, tak ada yang berubah dari sikap Aras, dia tetap manis dan sesekali konyol seperti biasanya. Kami sudah bukan anak SMA lagi, jadi intensitas untuk ketemu setiap hari sudah jarang. Tapi karena rumah Aras dekat dengan rumahku, ia sering bermain ke sini. Dalam seminggu saja, dia bisa kesini sampai 3 atau 4 kali. Kadang alasannya tidak masuk akal. Aku dibuat tersenyum sendiri melihat ulahnya jika ingin bertemu denganku. Dia pernah beralasan kalau di rumahnya bilang kehabisan air, jadi dia ingin numpang mandi di sini. Pernah bilang ketinggalkan earphone yang diletakkan di ruang tamu. Aku yakin sekali dia punya earphone lebih dari 2 untuk ponselnya. Jadi tak masalah jika barang itu ketinggalan di sini, toh dulu sebelum jadian juga begitu. Dan setelah di cek di ruang tamu juga tak ada barangnya. Ujung-ujungnya main terus ngajak beli makan di depan komplek perumahan. Tapi tak apalah aku menikmati itu semua, bunda juga sudah anggap Aras seperti anak sendiri. Mengingat kedekatakan bunda dengan tante Mia. Bunda seperti menemukan saudara baru.

Oh ya, pengumuman penerimaan mahasiswa baru keluar. Puji syukur aku dan Aras diterima di universitas yang sama-Universitas Indonesia. Meskipun beda fakultas, karena Aras diterima di Fakultas Ekonomi Management sedangkan aku di Fisip Komunikasi. Aku tetap senang, setidaknya kami bisa ketemu di area kampus. Kadang-kadang pula kami berangkat bersama. Hari ini kebetulan dia punya kelas pagi dan aku pun begitu, jadinya kami berangkat kuliah bersama.

“Sayang, nanti rasanya aku ada kelas sore, sedang kamu sampai siang, nanti tetap aku anter pulang ya?” ucapnya ketika di dalam mobil. Sebenarnya risih sih Aras panggil-panggil sayang. Mungkin gak terbiasa soalnya biasanya si ganteng itu panggil nama.

“apaan sih sayang-sayang, pagi-pagi gini!” gerututku pada Aras yang fokus menatap jalan

“ohh, jadi gak mau dipanggil sayang di pagi hari tapi siang, sore, malam, boleh??”

“ya gak gitu juga, risih tau!. Udah biasa aja napa. Bintang, panggil aku B-I-N-T-A-N-G, bintang!” Balasku kesal. Tapi melihat dia yang tertawa lepas aku juga ikut tersenyum senang. Rasanya memang beruntung juga memiliki hubungan lebih dengan sahabat sendiri

“gak usah, nanti aku pulang bareng Kanaya aja, nanti dia mampir  ke kampus sekalian mau ajak aku jalan-jalan”

Aras mengangguk-angguk paham. “boleh ikut?”

“gak boleh, please. Kamu tau kan gimana kalau aku sama Kanaya belanja lama dan kamu ngajak pulang mulu” sergahku ketika Aras menunjukkan raut wajah bete’ nya. Seketika wajahnya berganti dengan wajah manis. Yaudalah, emang kayak gitu kalau Aras diajak shopping, nyebelin asli!

Mobil Aras memasuki pelataran fakultas Komunikasi, sebenarnya aku uda bilang Aras gak usah nganter sampai depan kelas, kayak anak TK coy. Tapi ya gitu alasannya lagi-lagi yang aneh-aneh, maunya marah tapi geli sendiri. dia bilangnya ‘gak apa-apa dong, sekalian waktu buat ketemu pacar lebih lama’ gak gak itu alasan yang gak masuk akal. Kan rumah deket bisa main ke rumah kapan aja, bilang aja gak rela kalau ada cowok ganteng pengen lebih deket sama aku. Intinya Aras bener-bener berasa seperti bodyguard. Iya bodyguard ganteng dan kebetulan statusnya pacar. Mentang-mentang pacar bisa semena-mena gitu, oh no, jangan harap deh! Meskipun kita ini pacar tapi aku gak mau di kekang.

“udah pergi sana, kan kamu juga ada kelas” usirku halus, yaa sekali lagi risih sih ada yang ngelirik jijik gitu. Syirik mungkin lebih tepatnya.

“oh.. jadi ngusir, Yah aku syedih” ucapnya menye-menye. Duh gemes banget ngeliat bibirnya dimanyun-manyunin gitu “yaudah, ntar kalau udah sampe rumah aku di kabari ya?, dan belajar yang rajin, ya saa---yang!” ucapnya dengan mengusap lenganku lalu pergi sebelum aku mengoceh. Aku menatap punggungnya yang semakin lama-semakin menjauh dari padanganku, senyumku mengembang dengan sendirinya. Kita akan seperti ini terus kan, Ras?.

***

Kelasku selesai lebih cepat,  dosen ada perlu jadi jam kuliah hanya berjalan setengahnya. Oh ya, Mau cerita benar soal Kunti!. Karena Kanaya gak diterima di sini, jadinya ia pilih kuliah di Universitas Gunadarma. Awalnya dia kecewa, dia beranggapan kalau dewi fortuna sedang berpihak padaku, karena aku bisa lolos masuk UI dengan tes seleksi tingkat nasional. Kadang-kadang memang bacotnya sahabatku itu mengeluarkan kata-kata nista dan unfaedah. Secara gak langsung doi bilang aku sebenarnya begok dong, eh gak dengan, like a cara kerja otakku di bawah otaknya. Sebel pasti, tapi emang iya sih. FYI aja, sejak di sekolah mau itu SMP ataupun SMA peringkatku selalu di bawah Kanaya. Cuma ini aja nih, tumbenan, aku bisa masuk di UI sedangkan dia enggak. Sedih juga iya, kan impian kita satu kampus, apa emang bener ya ucapannya itu aku keterima di sini mungkin karena faktor lucky! bodo amatlah udah kejadian juga.

Ngelirik jam tangan, masih jam 12.30 itu berati kurang 30 menit lagi Kanaya datang. Mending nongrong di gazebo kampus sambil nyedot jus enak kali ya, baru mau beranjak suara yang tak asing tertangkap telinga memanggil namaku. Ketika aku menoleh, berasa mata ini mau keluar dari tempatnya mengetahui suara siapa itu. Laki-laki yang sempat buat Aras geram dulu, dia di sini berjalan kearahku

“bintang, lo kuliah di sini?” tanya Gito

Aku cuma angguk-angguk cengok, “kamu ngapain di sini?” pertanyaan ini sebenarnya basa-basi, masa’ iya jualan panci, kolor dan sejenisnya. Kecuali kalau dia datang jauh-jauh dari rumahnya yang ada di Kemang lalu ke depok buat  tebar pesona doang. Mukanya gak ancur-ancur amat sih, tapi masa sefrustasi itu gak aku terima, huahaha

“kuliah-lah, masak iya gue ngecengin cewek sini, mending kan gue ngecengin lo!” jawabnya mengerutkan keningnya. Aku membuang pandangan dengan jengah. Ada ya makhluk seperti ini di muka bumi. Oh, ya Aku lupa kalau otaknya juga encer 11-12 sama kayak Aras, tapi kelakuannya biadab sungguh saat jadi siswa. Itu dulu sih, biasa gosip sekolah. Mangkannya itu aku risih. Anyway pernah aku kasih tau gak kalau Gito dulu jelek loh. Tapi setelah prom night aku terkesima dengan penampilannya. Dia berubah dari buruk rupa ke pangeran ganteng. Tapi berhubung dia dulu punya sifat yang brengsek jadinya aku gak tanggepin ataupun deket-deket dia.

“sembarang kalau ngomong!, oh, kamu kuliah di sini, kukira di luar negri"

“lo ambil jurusan apa?, kok baru hari ini gue ketemu lo?” tanyanya penasaran.

“ambil komunikasi, lo?”. tanyaku sambil menyeruput segelas es yang ada di tangan. Sebenarnya aku tidak ingin tau lebih dalam. Padahal aku pengennya segera pergi dari depan manusia ganteng tapi buasnya gak ketulunga ini.

 NGOMONG APA GANTENG!!. GAK ARAS LEBIH GANTENG!!

Itu loh maksudnya tadi

 “pengen tau, apa pengen tau banget?” godanya dengan senyum jayus

“gak usah dijawab deh, gak penting juga. Udah ya gue mau pergi dulu, di sini panas sebelah ada makhluk immortal soalnya” sindirku lalu ngeloyor pergi. Gito gak ngejar sih cuma ngomongnya agak kenceng, dia bilang kalau dia mahasiswa Hubungan Internasional ditambah, kalau pengen nyari dia bisa deh basecamp anak HI di belakang gedung. Denger omongan gitu aja aku menggerdik ngeri, perasaan gak ada dan gak akan pernah ada hal yang mengharuskan buat aku harus minta bantuaan dia deh.

***

“kamu gak ada kelas lagi kan?” tanya Kanaya yang sedang cari tempat parkir di Margo city mall. Kanaya memang baru ini bawa mobil ke kampus. Bukan karena dia baru dapat sim, tapi karena emang dia gak mau nyolok dengan hal-hal yang begituan. Soal Nyetir Kanaya jago kok. Kanaya itu tipe orang yang rendah hati. Dia down to earth banget jadi orang, gak songgong sama harta bapak ibunya. Hampir satu sekolah gak tau kalau orang tua Kanaya itu penyumbang dana terbesar di sekolah, mereka lebih milih nutupin kebaikan mereka. Keren bangetkan. Itu juga salah satu alasan kenapa aku senang deket sama kunti satu ini. Sebelum-sebelumnya dia anti bawa mobil ke kampus lebih senang naik transportasi umum, alasannya biar bisa ketemu orang banyak dan tau gimana keseharian mereka. Kanaya ini lebih seneng belajar psikologi orang.

“gak ada, sekarang terus bawa mobil?”

“iya, babe nyuruh bawa mobil aja, ketimbang naek KRL gitu katanya, padahalkan enak naek gituan, jadi bisa tidur juga di kereta”

“lah, kan enak mobil lebih cepet, toh stasiun sama kampus lumayan jauh gitu”

Kanaya hanya menggeleng kepala, lalu mengalihkan pembicaraan “udah bilang Dika?”

“udah, Aras udah tau kok, dia tadi malah pengen ikut, tapi gak aku bolehin.Eh ya, faisal apa kabar?” Aku lupa setauku dia pacaran sama Faisal. Kanaya juga udah gak pernah cerita lagi soal tuh cowok satu. Bahkan sekedar tau kerja atau kuliah Kanaya diem seribu bahasa. Terakhir ketemu pas pas prom night itu. setelahnya kami sibuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi.

 “dia mati!!” Ucapnya sarkas

Aku sempat tersedak dengan minuman yang sedang ku sedot. Hampir saja leci bulat yang disediakan mbak-mbak AMK nyangkut ditenggorokan tanpa ku kunyah mendengar ucapan Kanaya yang kejam itu.

“ seriusan!!!!!!? Innalillahi wa..”

“heeh!!, pelan-pelan dong, Bintang kalau minum. Dia ngilang maksudnya” buru-buru Kanaya mengoreksi kalimat jahatnya. Emang ya, mulut kadang suka ngasal kalau ngomong.

“emang ngilang gimana? Mangkannya kamu juga gak pernah cerita”

“dia kuliah di Surabaya”

“owalah gitu di bilang mati, ditinggal beneran nangis darah deh. Kan lo tau di Surabaya, berarti dia gak ngilang”

“Entahlah” balasnya singkat.  

Kami ini lagi window shopping, tapi gak tau kenapa kok Kanaya moodnya jelek banget, jadinya aku yang sibuk sendiri. Ditanyai sepatu yang dipajang didepan toko, atau baju yang biasanya selera kita atau gak boneka lucu yang lagi di diskon jawabannya standart, alias flat gitulah gak kayak biasanya. Kalau gini gak jauh beda ngajak  Aras. “Kunti, kalau emang gak niat ngemall mending pulang aja deh!” sergahku ketika Kanaya sibuk mengotak-atik media sosialnya

“aku lapar, Bi. Makan yuk” ajaknya tanpa menggubris ocehanku. Rasa-rasanya raut muka Kanaya menunjukkan tanda-tanda yang gak normal. I mean Kanaya yang biasanya heboh kalau ada diskon yang superwah jadi mengkerut gini. Tiba-tiba Kanaya menarikku kesalah satu resto jepang dan langsung memesan beberapa sushi untuk makan siang kami..

Sudah pernah aku ceritain kan kalau Kanaya itu pernah menjadi model endorse instagram. Dia dipilih karena wajah dan bodynya lumayan bagus. Eh gak deng, gak lumayan lagi tapi emang bagus. Tapi asal kalian tahu aja. Body gitar spayol Kanaya itu, didapat tanpa proses yang mati-matian. Untuk urusan makan dia gak pernah pilih-pilih. Mau nambah ya nambah meskipun makanan isinya lemak semua. Mau minum ya minum yang enak-enak sesuai selera banget lah. Tapi yang aneh badannya gak pernah gemuk bener-bener mukzizat banget deh manusia satu ini. Dan kali ini dia memesan beberapa sushi seperti kita mau pesta. Padahal kan yang makan cuma berdua. Setelah pelayan restoran itu meninggalkan kami untuk menyiapkan apa yang kami pesan, aku masih heran dengan sikap Kanaya hari ini.

“eh, kunti, jujur deh! ada masalah?, sama bonyok atau sama Faisal atau sama hal lain. Mukanya kisut bener!!” rasa penasaranku sudah di ubun-ubun. Kelamaan kalau nunggu Kanaya cerita, yang ada aku kepikiran sendiri

“hmm.. ammm gini. Hmmm ” ucapannya terputus. Berasa amandelnya tiba-tiba gede kali ya, ngomongnya amm emm aa,, emm mulu

“kelurga?” tebakku. Dia ngegeleng kuat, lah terus apa, apa jangan-jangan Faisal, kan doi tadi ngomongnya ketus gitu pas aku tanya tentang Faisal

“Faisal?”

Binggo!, dia diem kayak patung pancoran. Hmm, galau perkara cowok nih ceritanya. Rasanya ini baru pertama kali kejadian deh sejak kita kenal di jaman putih biru.

“kenapa emangnya, gara-gara dia kuliah di surabaya?” tebakku kali ini pasti gak meleset.

“iya!!”

“lah masalahnya apa coba?, kan di Surabaya dianya belajar woy!, bukan nyari kecengan. Yaa syukur-syukur dapat yang lebih bagusan sih ketimbang elu!” rancauku mencoba menghibur. enggak menghibur jatohnya, tapi malah ngasih gas ke api jadinya gede. 

“eh, kotoran kambing, jahat bener omongannya” sewot Kanaya tak suka

Aku ketawa puas, dia bukannya seneng malah sebel kuadrat “lah terus apa dong, ku na aneh gini, coba, Nak cerita sama ibu. Siapa tau ibu bisa ngasih solusi yang baik”

“Aku sempat dilamaran sama dia, sekitar....”

“WHAT!!!!!, dilamar, KILAT AMAT!!”

Kanaya buru-buru menahan mulutku, karena beberapa mata udah ngelirik kami jijik. Iya sih, kadang kalau aku ngomong suka ngebass. Ya kan soalnya kaget ceritanya

“itu mulut bisa gak volumenya di kecilin atau gak di mute deh”

“sorry-sorry, reflek! Lah abis lu bilangnya di lamar. tapi emang bener sih, Faisal suka lo dari  masuk SMA, terus mau dilamar , cinta mati kali doski sama elu”

“jadi ceritanya, ketika pengumuman penerimaan mahasiswa 2 bulan lalu. pas saat itu Faisal ngajak aku ketemu. Katanya ada yang mau di omongin. Ya udah aku mau, tapi dia aku suruh kerumah aja, nyokap gak ada temennnya. Setelah kami ngobrol dia tiba-tiba bilang mau ngelamar ya udah terprediksi sih, taukan aku secantik apa?” ungkapnya tanpa dosa. Oke iya dia cantik. Tapi kalau ngomongnya kalau model gini, enek deh jadinya

“oke lanjut!”

“ lanjut doang dari tadi! Huh!. ya pasti a awalnya ku terima, lagian  Faisal juga gak neko-neko anaknya. Dulu kan alasannya yo know me so well,  gak mau pacaran dulu. Dia juga udah nepatin janjinya gak menye-menye ke cewek lain. lo tau sendiri kan kalau Faisal di masa-masa SMA dulu gak ganjen, dia lurus-lurus aja hidupnya. Gak neko-neko”

Part tadi gak penting sih sebenernya, dia ngasih tau aku tentang kelebihannya Faisal yang gak guna banget bagi aku. Tapi berhubung ini sesi curhat antar sahabat, kalau aku mentahin omongnnya tentang Faisal. Bisa jadi aku dipecat jadi sahabatnya dan biarkan sendiri di dunia ini. oh no! sahabat itu segalanya, kalau yang bener-bener sahabat sih, contohnya aja Kanaya.

“masalahnya dimana woy!, jangan panjang2 please, bagian kelebihannya.langsung masuk ke Inti cerita leh uga”

Kanaya menarik nafas jengah, dengan segala kefrustasian, airmatanya jatuh ngebahasahin pipi mulusnya itu “dia bilang sayang dan pengen perjuangin aku meskipun LDR-an. Satu bulan pertama it’s okay for me. Tapi lama-kelamaan akunya yang gak bisa, aku gak mau pacaran LDR-an. Aku butuh dia di sini, aku pengen dia ada di samping aku ketika aku ada masalah, jadinya aku minta kita udahan aja”

Gak tau kenapa, alasan Kanaya buat mutusin Faisal konyol banget. LDR-an Jakarta – Surabaya aja ngerasa berat. Apakabar yang beda negera?. Mereka kan bisa komunikasi by phone udah gak jamannya kompeni yang kudu pakai surat. Apalagi sekarang jaman udah canggih, bisa video call-an. Ada-ada aja nih kunti

“terus hubunganmu sama dia sekarang gimana? Gak kontak-kontakkan?”

“masih sih, dia masih sering tanya kabar. Tanya aktivitas harianku ngapain, kadang kita telpon-telponnya tengah malam, macam anak SMA aja. ”

“lah.. kayak gitu kan bisa, Kunti!!. Apa bedanya sih pacaran sama gak pacaran kalau Cuma beda status doang. Denger ya kunti. Kamu tau gak sih LDR sebenernya itu gimana?”

“ya jarak itu kan, kita di mana, pasangan di mana!”

“begok kan. Mangkannya gak masuk UI, soal gini aja gak bisa jawab. Eh bisa deng, tapi salah total!!” Denger ucapan itu Kanaya cemberut kayak ikat cucut. Satu meter ada kali itu bibirnya

“terusin bahas yang udah lalu, terusin aja”

“hehe sorry, yang namanya LDR sebenarnya itu ketika kalian sama-sama di satu kota, duduk bersama tapi hati kalian biasa-biasa aja. Gak ada rasa penasaran buat tanya kabar, ataupun saling perhatian. Hati kalian mati, padahal raga kalian berdekatan” jelasku, bak Bintang teguh aja nih lama-lama. ”kalau Faisal masih ngasih perhatian kayak gitu ke kamu, ya dia masih gak terima di putusin. Dan soal penyakit kamu yang parno sama LDR. Coba deh tanya mereka-mereka yang LDR an beda pulau atau gak beda negara. Mereka bertahan sampai bertahun-tahun itu rahasianya apa. Bahkan ada yang setelah ketemu mutusin buat nikah!, belajar dari sono deh”

“Bintang!!!!”

Ucapan nih cewek depanku lirih tapi melengking ditelinga. Langsung deh airmatanya ngocor kayak air pancoran. Aku salah ngomong ya? Kan jadi panik sendiri. Lagian banyak mata yang lagi ngeliat kami pula. Ntar dikira aku KDP lagi Kekerasan Dalam Persahabatan. Atau kayak pasangan lesbong yang salah satu minta putus dan satunya gak terima jadi nangis-nangis gitu. Kan ngeri yah.

“Bintang, kok kamu ngomongnya kali ini bener semua. Otaknya tumben jalan” 

Kalau ada airputih di meja mungkin udah aku siram nih cewek. Untung aja adanya orange jus , kan sayang kalau di siram kekepalanya. Lebih enak di minum. Karena Kanaya lagi galau jadi kali ini aku maklumi, sahabat yang baik bukannya harus gitu ya?. Memaklumi kegalauan sahabatya. Kalau salah ya dikasih tau tanpa intonasi menyalahkan sama sekali “coba pikir ulang deh hubungan kalian. Kalau kamu masih sayang dan dianya juga coba diskusiin, kali aja ada titik temunya. Gak  mungkin kan kamu  egois nyuruhdia pindah kuliah. Disana juga bagus lo kampus dan grade – nya”

Kanaya mengangguk setuju, pipinya udah gak basah gara-gara airmata lagi. Udah tenang mungkin, kelihatan senyumnya ngembang lagi, udah agak legaan rupanya. Hari itu kami habiskan untuk jalan-jalan. Setelah menikmati sushi yang biasa saja rasanya. Tapi karena seharian ini aku mengabiskan waktu bersama siapa, itu lah yang paling penting.

Pandanganku kulempar ke sebrang. Lagi-lagi aku di kejutkan dengan fakta jika ada sesosok makhluk immortal, gak bercanda, ada Gito sama Tia!!. Itu dua orang jadian atau gimana, tapi jadian kok Tianya marah-marah gitu sama Tia

 “Kay.. coba lihat deh tu Gito sama Tia, kn? Mereka kok kayak tengkar didepan toko sih?”

Kanaya yang terusik dengan ocehan ku langsung menoleh. Mulutnya mengangga sempurna tak percaya. Kami terdiam sesaat, kebetulan juga kedua makhluk disebrang sana menoleh jadinya kami saling pandang.

Komentar