Cerpen Tentang Arashi - Jangan Takut

    PS : Part 10 of Tentang Arashi, slowly but sure udah sebulan aja ngerjain ini. Semoga happy ending dah!


Masih di tempat yang sama dengan kondisi tangan yang dipegang Atas. Mataku membola, sedang Aras hanya pringas-pringis kayak bayi yang belum ada dosa yang nempel di badannya. Ini cowok minta di sate apa gimana, kok ngomong gak pakai mikir. Lah dia sama Tia gimana. Eh gak apa-apa deng kan emang Mak Lampir gak pantes bersanding sama dewa. Duh Ras pengen deh dekep itu mulut pake lakban, lalu bungkus badannya dan masukin kardus kirim ke kutub sana.  Biar gak ngomong aneh-aneh lagi. Untung aku sayang, jadi kalau dia bercanda bisa aku maafin. Tapi bercandanya kok gak lucu ya. Malah ngeri gini. Lihat sikon woy kalau nge prank 

"Bintang, mau kan jadi pacarku’ ucapan itu yang terus menuhin pikiranku. Ucapan lirih tapi cukup jelas buat para cewek-cewek melotot sampek kelihatan urat matanya. Aras nembak atau Aras ngetes. Ini maksudnya apa juga tangannya  gak ngelepasin tanganku. Gak tau apa kalau sini udah deg-deg ser ngelihat para fansnya natap benci ke arahku. Siap-siap jadi sarden kaleng deh. Mampus!

"Bi.." Dia menunggu jawaban yang aku sebenarnya juga pengen bilang iya, tapi gak di sini bilangnya , ntar kalau sudah gak ada massa. 

“Ras, kamu sehatkan? Kamu gak kesambet hantu salah satu pohon di sini kan?” Aku memastikan lagi jika dia sadar

Aras masih aja stay cool, bangkek banget nih cowok kira-kira dong kalau ngelucu. 
“Apaan sih, Bi. Ini serius, aku sayang sama kamu” ucapnya mantap. loh loh loh.. bahas sayang segala ini. Lah kan aku juga sayang, tapi sayang bukan sebagai sahabat. Nah kamu sendiri pas cuma perasaan lain yang beda kayak rasaku “lah kan aku juga sayang, Ras. Kalau gak sayang mana ada kita tetep bareng-bareng 6 tahun belakangan ini”

“bukan sayang sebagai sahabat. Tapi sayang sebagai cewek! Say it falling love with a girl”  Aras masih setia buat ngomong romantis. Bodoh banget kalau aku gak paham sama omongannya. Tapi ya mau ngangguk kepala kaku, mau geleng ya gak mungkin kan.

 “terus aku kudu jawab apa, Ras” pertanyaan yang super bodoh tiba-tiba keluar dari bibir sexy ini. Ya tentu harusnya jawab Iya dong Bintang sebuah jawaban dari perasaan yang udah ngomporin buat bilang iya. Tapi otak mikir kalau jadian, terus putus aku bakalan kehilangan keduanya, sahabat sekaligus pacar. Ahh. Kadang hati sama bibir gak bersahabat nih.

Aras tertawa kecil, kayak ngerti kalau aku juga binggung. Dia tau kalau Ayah sama Bunda gak ngizinin aku pacaran. Nunggu lulus SMA dulu baru dapat izin. tapi kemarin kan udah dapat ACC. Ya kan ?, itu pun Aras belum aku share kabar ini. Dia tahunya aku belum dapat izin pacaran tapi kalau tau gitu kenapa Aras nekat nembak ya. Kanaya yang dari tadi disampingku mengamati proses mendebarkan ini jadi gak sabaran

“bilang aja mau gitulah, Bi. Toh kamu juga suka kan” celutuk Kanaya dengan gaya geli-geli gitu ngeliat aku sama Aras.

Mulut cewek satu itu rasanya perlu ditaburi bon cabe deh. Ngomongnya kayak truk yang remnya blong lurus aja, gak tau apa kalau ngaku langsung bakalan gak ada sensasinya. Gengsi dong langsung bilang iya. Apalagi dia juga bilang kalau ‘kamu juga suka kan’ itu gilaa sumpah!. Kanaya ih, gak guna banget jadi sahabat kalau kayak gini mah. Mataku ngasih pandangan kayak nyanyat ke Kanaya jadinya, tapi si kunti malah pasang muka bodo amat. Sekali lagi tampang yang BODO AMAT!!!!

“Ras, kamu tau kan ya, kalau ayah sama bunda masih belum izinin aku pacaran”

Aras ngangguk langsung. Kan reflek dahiku mengkerut kalau tau gitu ngapain nembak sekarang, begok kan. Percuma dong kita nanti bukan sepasang yang ada malah canggung. 
“oke aku ganti pertanyaannya, Bintang nanti setelah lulus mau gak jadi pacarku?” ulangnya dengan ucapan yang masih mantap gak ada kendala sedikit pun.

Bibir kumanyunkan, bukan karena sedih tapi udah keder duluan. Takut kalau pas naik dibis dari camping ini, kan Aras dan aku beda bis kalau aku diturunin ditengah jalan, buat di jadiin umpan macan gara-gara cewek-cewek yang suka sama Aras bertindak anarki gimana?. Belum lagi ngadepin Tia, ya gak takut sih soalnya udah pernah face to face sama dia. Inget kejadian dikantin kan? ya itu bukti nyatanya. Tapi ini satu sekolah woy tolong butuh dokter buat operasi plastik kayak artis-artis korea biar mereka gak kenalin tampang cantikku ini. Oke balik lagi disaat -saat genting 

“Tia gimana?”

“Apa pernah aku bilang kalau aku bakalan jadian sama Tia?” Aras menegaskan 

“lah kamu pernah bilang suka, itu tandanya apa? bukannya mau ngajak jadian” lirikku kearah Tia yang sudah medengus kesal. Sorot matanya seperti sniper yang siap nembak musuh. Sementara yang lainnya masih stay di tempat buat nonton proses ini. Ada yang dukung ya meskipun dikit banget karena tau kalau kita sering jalan bareng  jadi tinggal nunggu waktu aja buat jadian. Sebagian besar ngedumel receh karena mereka suka Aras tapi Arasnya cuek, kasihan yeks Arasnya lebih milih aku! hahaha

“suka aja, Bintang, gak lebih, aku suka dia sebagai temen. Tapi aku suka sama kamu lebih dari itu, lebih dari rasaku ke Tia dan lebih dari rasa ke sahabat. Lagian kamu sih sering banget ngompor-ngomporin aku sama dia. Jadi gimana nih, mau gak?” Keluhnya yang mungkin pegel juga dilihat oleh banyak orang dan akunya gak segera ngasih jawaban. Aku gak berani lihat mata Aras langsung, jadinya padangan mata kubuang kearah daun-daun kering yang ku injek, siapa tau nemu emas atau gak berlian yang kalau dijual nilainya bisa lah buat nambahi beli Iphone terbaru “jawabannya minggu depan aja ya, bilang sama ayah bunda dulu”

“kalau ngomong liat aku kek!” daguku diangkat jadi mata kita saling ketemu. OMG!! Itu mata bulan sabit yang selalu buat hatiku adem. Iya, sesak napas tolong tolong butuh oksigen

“oke, minggu depan. Nanti sepulang ini aku juga bakalan bilang sama ayah bunda kamu”

Duileeh, ini ngajak pacaran kayak ngajak kawin, romantis bener. Setelah saling pandang dan kita sama-sama senyum-senyum geli gitu. Tangannya dilepas dan acak-acak halus puncak kepalaku dan nyuruh aku balik ke tenda. Semua yang ada pada bubar jalan buat kembali ke tenda masing-masing. Tentunya dengan sumpah serapah yang gak setuju kalau Aras sama Bintang. Mereka rasanya anggep Aras salah pilih, ibarat langit dan bumi, aku bagian pemanisnya. haha 

 

***

Pagi hari yang cerah, sinar Matahari perlahan menembus tendaku. Hari ini persiapan berkemas karena kita akan kembali ke Jakarta. Meskipun mata sudah seperti panda dengan lingkaran hitamnya, tapi bibir terus saja menggurat senyum gara-gara peristiwa kemarin malam. Ditembak orang yang kita suka masa iya bisa tidur cepet, pastinya enggak. Senyum-senyum sendiri kan kalau inget. Aku baru bisa tidur ketika jam  nunjukkin pukul setengah 3 pagi. Ditenda, aku dan Kanaya gak ada capek-capeknya cerita soal proses penembakan yang udah aku alami. Padahal Kanaya juga jadi saksi, dia yang awalnya nyahut antusias berubah jadi angguk-angguk doang, dia males nanggepin karena udah ngantuk berat. Intinya tadi malam berasa kena insomnia dadakan. Ah! Aras nih si ganteng yang udah memporak-porandakan hatiku.

 “hoaaammm” Bintang kamu gak ngantuk apa?” tanya Kanaya setelah keluar tenda dengan jaket tebal dan kupluk rajut hitamnya, tangannya menggigil kedinginan dan diselipkan ke saku jaket

Aku senyum kearahnya, hatiku masih terbawa suasana semalam jadi rasa kantuk gak sama sekali menyerang. “enggak kunti, aku baik-baik aja”

“gila yaa, tidur paling pagi, sekarang harus bangun pagi pula. Nasib-nasib” comel Kanaya dengan tampang bantalnya

Beberapa siswa perempuan sudah kumpul ditengah sisa api unggun untuk ikut senam yang di pimpin Bu Astari. Sebagian ngejalaninnya sambil malas-malasan efek begadang tadi malam. Sedangkan untuk para siswa laki-laki diarahkan oleh Pak Bastian. 30 menit senam pagi, Pak Bastian memberikan kami waktu 1 jam untuk mandi ataupun cuci muka.

Dari jauh kelihatan Aras dan Faisal menghampiri aku dan Kanaya. Karena masih canggung, aku jadi pura-pura gak lihat. Tapi sialnya Aras langsung tau kalau aku sedang salah tingkah. Tangannya merangkul leherku tanpa aba-aba. Tinggiku yang hanya sebatas bahunya sukses ngebuat aku sedikit menunduk ke dadanya “gak usah canggung gitu!” ucapnya usil.

Aku reflek memukul lengannya, sungkan dilihat banyak orang. Enggak bukan itu sebenarnya tapi takut kalau fansnya Aras yang lihat. Berasa ada ditengah-tengah hiu ganas yang siap ngunyah aku hidup-hidup
 “Ras apaan sih, dilihatin orang nih malu tau” aku berusaha melepaskan diri dari cengkraman lengannya 

“idih!! Alasan” dia masih sempat menjepit hidungku dengan tangannya. Aku meliriknya kesal tapi dibalas dengan senyumnya yang renyah. Ini nih yang ngebuat aku betah dekat sama Aras, senyumnya yang menawan. Rasanya gak ada hari Aras gak ngasih senyuman padaku. Ras gak kuat nih! Bisa gak senyumnya itu di gembok aja jadi cuma aku yang follow kamu. 

“Kanaya, kamu gak mandi?” tanya Faisal yang udah aja di samping Kanaya, curi-curi kesempatan lagi nih cecunguk

“Sal nyari kesempatan lagi, sana jauh-jauh” ucapku menggoda Faisal dan Kanaya lalu berdiri diantara mereka

“apaan sih, Bintang biarin dong, namanya juga usaha., ya gak, Sal?” Aras menarikku untuk berdiri di sampingnya lagi

“Bintang orangnya suka gak jelas nih!, Maafin ya, Sal” Kanaya ikut menimpali. Mataku memutar, berasa di keroyok nih. Oke aku kalah, orang yang dideketin aja gak protes kok. Sekilas mataku nangkap Tia yang udah berdecak sebal ngelihat kami. Tapi setelah itu hilang dibalik pohon. Mungkin dia balik kenegara Asalnya. Atas pohon sana.

***

Setelah acara camp di tutup, Pak Bastian meminta para siswa saling membantu membokar tenda. Anehnya udah tau aku dan Kanaya kesusahan buat bongkar ini tenda, yang grup cewek yang telah beres packingnya cuma ngelirik doang, pura-pura buta gitu ceritanya, sesekali memberikan seyum sinis melihat kami kewalahan. Somplak banget tuh cewek-cewek. Mereka masih dendam kali ya gara-gara kemarin malam. Kan gini nih gak enaknya, belum iyain Aras aja udah dapat perlakukan gak asyik dari mereka. Untung ada Intan dan Anneke yang tiba-tiba muncul lalu nawari bantuan definetely I said yes!. Mereka jadi lebih berani bersosial semenjak klarifikasi kemarin. Good job kan!.

Sekarang waktunya pulang, harus satu bis ya sama mereka? Kok aku jadi takutnya, mana Kanaya sudah pulang lebih dulu. Asma Kanaya kumat gara-gara terlalu semangat bongkar tenda. Alhasil Kanaya dijemput Pak Prio supir Ayahnya. Asem banget pergi disaat yang gak tepat. Awalnya aku juga diajak tapi Aras bilang kalau aku lebih pilih naik bis ke pak Prio. Gila kan mulutnya, mulai bisa ngadalin orang tua dan entah di mana dia sekarang. Melihat bisku sudah stand by untuk angkut pengumpang. Ngeri-ngeri sedaap liatnya. takut di amuk massa. Aku beranikan diri untuk naik ke bis. Suasanya horor, para siswa-siswi melihatku dengan tatapan benci, tentunya efek semalam. Lalu aku meliht  ada satu kursi kosong. nomer 2 dari belakang. Gak kosong amat sih, ada 1 siswa tapi dia sok misterius nutupi mukanya dengan hodie. Aku memilih duduk sebelahnya. Palingan ya si Ervan karena celingukkan aku tak bertemu dengannya di bis ini, kayaknya sih gitu dilihat dari bodynya juga mirip. Evan ini cowok yang sok ganteng di kelasku. dia doyan banget ngedrama korea. Apa pun kondisinya dia selalu menyelipkan satu bahasa korea yang kita kadang ketawa kalau denger. Ya kali cadel-cadel gitu kalau ngomong. Sebenarnya pesonanya gak jauh beda sama Aras,  sayangnya dia kelebihan energi jadinya seperti melambai gitu. Hehe Itu sebabnya anak-anak tetap ngejar Aras karena predikatnya good boy  pinter, dan jago basket. Sempurna kan?

Aku menghela nafas lega, setelah pantat nempel di kursi. “kenapa kayak ngehela nafas berat, takut?” ucap seseorang disampingku. Rasa-rasanya suaranya familiar kayak Aras. Segera dia membuka jaket yang nutupin mukanya. Lah manusia ini kok disini itu beneran Aras. 

“kamu kok disini? Bis kamu kan yang satunya?” tanyaku heran

“jadi gak suka aku di sini, yaudah aku pergi” sungutnya yang akan beranjak pergi, tapi aku tahan

“duh.. kok ngambekkan gitu sih, udah sini aja biar bisnya segera jalan. Jakarta jauh” Kilahku excited 

Perjalanan menuju Jakarta, kurang lebih memakan waktu 4 sampai 5 jam kalau tidak macet. Aku merasa tenang kalau ada Aras yang saat ini disampingku, jadi tak akan  ada insiden di dalam bis ini. Meski sekarang ini ada pandangan yang jelas-jelas benci melihat aku duduk dengan Aras. 


“kamu dari tadi nafas berat mulu trus gerak-gerak, kenapa sih?” Aras mulai terusik karena aku sedari tadi berpindah-pindah posisi.

“gak apa-apa, kalau gak gerak mati dong!” jawabku masih sebal sambil mengepalkan tangan dipaha. Dia masih gak ngerasa apa kalau hidupku ini dalam bahaya dalam bis ini ngelihat para  siswi-siswi berkali-kali noleh kebelakang tempat kami duduk

Dia kembali menyandarkan kepalanya di kaca. Gak tanggung jawab sekali kan ini cowok. Udah nembak di depan kolam buaya yang lagi lapar. Lihatkan sekarang buayanya pada laper lagi matanya ngeliat kayak ada ayam yang nganggur siap disantap. Aku menatapnya dengan padangan tajam ngeliat dia anteng merem jadi pengen cubit semut lamaaa banget.

Aku membanting punggungku, toh Aras juga gak bakalan perduli. Tiba-tiba ada tangan yang pegang tanganku, ya siapa lgi kalau bukan tangan Aras, aku reflek menoleh. Dia genggam tanganku erat banget, jari-jarinya pas disela-sela jariku. Aku yang gak peka apa gimana kalau ternyata tangan kita itu pas banget, nyaman kalau Aras genggam jariku seperti ini.

“kamu gak usah khawatir, aku jamin gak akan ada yang berani ganggu kamu. Aku bisa pastikan itu” Aras mencoba menenangkan, Dia membenarkan posisi duduknya dan menarik pelan kepalaku dibahunya untuk bersandar. “Aku gak perduli sama omongan orang tentang kita, yang penting kamu, kamu Bintang. Sekarang kamu istirahat dulu ya, Jakarta masih jauh” ucapnya tulus mengeratkan tangannya. Aku tersentuh lagi-lagi dia tahu cara bagaimana membuatku nyaman meskipun di kondisi yang mencengkam. Kalau gini sekalian izin minta di kawinin gimana ya?. Haha  

Komentar