Cerpen Tentang Arashi - Childish


ps: lama tak upload bukan berarti bosen yak , cuman ya itu idenya kebagi-bagi.masih semangat kok nyelesain ini. And here we go Part -4 of Tentang Arashi 

Seminggu setelah ulang tahun tante Mia. Semuanya kembali ‘normal’. Aku dan Aras kembali berangkat sekolah sama-sama, jajan sama-sama, pulang sekolah sama-sama. Aras juga udah jarang bahas tentang Tia, entahlah mungkin ketika bahas Tia, sengaja aku ngalihin pembicaraan dan Aras sadar itu. Yang jelas hidupku rasanya damai hanya aku dan Aras. Ya meskipun sempet sih kecewa, karena Aras gak bisa ngedeteksi rasa yang aku punya buat dia. Dia anggepnya aku ini sahabat yang baik, sedangkan Aras bagiku, Cowok yang rencananya pengen kujadikan masa depan. Tapi tak apalah, selama Aras dan aku baik-baik saja, rasaku bisa ku simpan sampai waktu yang tak ditentukan.

Lagi enak-enak ngobrol masalah kartun Doraemon, Mak lampir a.k.a Tia tiba-tiba nyelonong duduk di antara aku dan Aras yang lagi sibuk-sibuknya bercanda ria

“minggir “ Tia berkata lirih tapi cukup jelas ditelinga, Aku membolakan mataku di depannya, hampir aja aku gramus mukanya. Tapi tau gak sih, kalau mukanya itu model BODO AMAT!!, gitu

“apaan sih lo, gatel banget, minta digaruk?" tawarku dengan posisi tangan siap menerkam 

 “Ras, ntar pulang bareng ya, sekalian antar beli buku di Gramedia” Ucapnya sok imut. Itu muka buat geram banget lihatnya. Sok cantiknya ituloh ngeselin beud. Gak mencerminkan orang anggun sekali. tolong punah dari depan mukaku. Tolong bawa dia, Tuhan. Aku ikhlas, astagfirullahaladzim

“oh.. sekalian aja, gue sama Bintang juga mau ke Gramedia, ya kan, Bi?” Aras menatapku, seolah meminta persetujuan boleh ya, Tia ikut?  gitulah ekspresinya.

“heemm” jawabku singkat. 

Sepanjang perjalanan, mukaku sudah masam ngelihat Aras di dempet-dempet sama Tia. Bahkan ketika sampai di toko buku, saat aku ngobrol sama Aras tentang novel mana yang bakalan aku beli. Tia tiba-tiba aja memotong permbicaraan kita, itu mak lampir emang cari gara-gara. Belum tau  kali ya kalau Bintang Arina Azalea Prasetya anaknya gimana. Arasnya juga gitu, gak peka banget kalau aku ini sudah Bete’ level mie kober tingkat tinggi. Ahh dua-duanya nyebelin

“Ras, aku pulang dulu aja ya. Soalnya bunda nyuruh aku pulang cepet-cepet, kamu tau kan bundaku  gimana orangnya?” Alibiku, ya bohong-bohong dikitlah. Sebenernya bunda tau kalau aku bakalan ke toko buku sama Aras, jadi bisa dipastikan bunda anteng aja di rumah kalau tau aku keluar sama Aras. Eneg sumpah lama-lama deket-deket Tia, mataku panas. Badan jadi meriang, emang ya Tia itu bawa aura buruk buat aku

“lah kok pulang, kan baru nyampek. Kita pulang aja ya” Ucap Aras dan mengajak Tia pulang. Mataku membola. Buru-buru aku geleng kepala, gak usah dianter yang ada aku jadi cengok ngelihat Aras sama Tia.

“Yaudalah, Ras kan Bintang mau pulang sendiri. Ntar bundanya panik kalo doi gak segera pulang, biarin dia pulang sendiri aja. gue belum dapat buku nih” Mak lampir ini emang bisa ya, ngeracunin pikiran Aras, jadinya Aras ngerelain aku pulang sendiri.

“oke gue balik dulu, Bye” Ucapku kilat, lalu segera pergi menjauh dari Aras dan Tia. Gak usah lama-lama dekat mereka ntar pikiranku terkontaminasi sama aura buruknya. Kenapa sih selalu aja usil kalau aku sedang berdua dengan Aras.

***

Tiba di rumah, Langsung kurebahkan tubuh ke ranjang. Gak tau kenapa tiba-tiba bulir air mata jatuh di ujung kelopak dan merembes ke pipi, kalau ke inget Aras sama Tia. Ya anggeplah gak terima Aras deket sama orang lain. eh bukan anggep tapi emang gak suka, nyesek banget lihatnya kalau kayak gitu.

Suara ketukan pintu dari luar itu pasti bunda. Bahaya kalau bunda lihat aku nangis kayak gini 

“Bintang, ayo makan dulu” 

“bentar, Bun, Bintang mau mandi dulu, ntar Bintang turun” sahutku, ya gila aja nangis di depan Bunda HANYA gara-gara cowok, diomelin ntar sama Bunda ayah. FYI aja, ortu gak ngijinin aku pacaran sampai lulus sekolah. Hebatkan! Seumuranku belum ngerasain pacaran tapi boro-boro pacaran deket sama cowok aja gak boleh. Tapi gak tau kenapa kalau sama Aras bunda ngijinin, katanya sih Aras itu anaknya baik, kalem, sopan dari keluarga yang latar belakangnya bagus. Tapi masih sebatas teman yaa

“yaudah cepet turun, makan, Nak”

“iya, bun” Jawabku malas, aku terduduk di depan kaca rias. Segera nyeka mata dan hidung setelah menangis tadi. “oke, Bintang senyum” memastikan jika tanda-tanda abis nangis benar-benar sirna.

Aku turun menuju meja makan. Ada Ayah sama Bunda yang sudah duduk diposisi masing-masing, aku menarik kursi dan duduk dengan tenang setelah menyisihkan lauk pauk yang diatas meja.

“Bintang, mau kuliah dimana nanti?” tanya Ayah.

“pengennya di UI, Yah, pilihan keduanya Undip” Jawabku setelah menelan sesuap nasi goreng.

"kenapa dsitu?"

“ya.. di situ komunikasinya bagus, jadi pengen aja. Tapi aku mau coba di UI dulu. Kalau emang udah mentok gak bisa baru Undip”

“oo.. gak mau ambil kedokteran?” Ayah mencoba memberi saran. Aku tau ayah ingin aku jadi dokter, tapi karena aku keukeuh ingin menjadi Public Relations , Ayah tak bisa memaksakan kehendaknya. Itulah Ayahku, the one only man in the world who never hurt me yang meskipun ayah keberatan aku ambil komunikasi, tapi ayah bijak dan menghargai keputusanku gak kayak Aras. Lah kok bawa-bawa Aras lagi. Kan out of topic jadinya

Aku meletakkan sendok garpu yang kupegang  “Ayah..” 

"iya ayah tau kok. Bintang mau ambil komunikasi kan. Oke-oke. Siapa tau Bintang berubah pikiran” Ucap ayah santai

Aku menggeleng santai “nope, Bintang udah selesai. Bintang mau kekamar dulu ya, mau belajar” pamitku, lalu menaruh piring ke tempat cuci piring setelah itu kembali ke kamar.

Pagi hari ketika aku sibuk memasukkan buku pelajaran, samar-samar kedengaran suara Bunda yang nyambut Aras. Lah, ngapain anak itu kemari, kan aku masih sebel sama dia. Aku menuruni anak tangga. Menatap Aras yan sedang ngobrol sama bunda “Bintang, ini Aras ngajak bareng kok kamu gak ngomong sama Aras gitu ayah biar berangkat dulu gak nunggu kamu” keluh Bunda

“lah kan dia gak bilang kalau mau ngajak Bintang bareng” tunjukku ke Aras dengan tatapan tajam

“iya tante, saya sengaja ngajak Bintang dadakan” Aras mulai memperjelas tak lupa menyunggingkan senyum manisnya yang kalau lihat pengen bales ketawa sendiri, tapi buru-buru sadar kalau lagi ngambek sama Aras

“yaudah Tante, kita berangkat dulu ya” pamit Aras lalu mencium tangan Bunda, begitu juga aku

“berangkat dulu ya, Bun”

Diatas motor Aras, aku cuma diam aja ketika Aras ngajak ngobrol, apapun itu gak aku respon. Biarin salah sendiri ngebiarin aku pulang sendiri, dianya malah milih menemin Tia yang sok keganjenan kemarin di Gramedia. Kan dongkol hati adek, bang. Masuk diparkiran motor sekolah. Setelah meletakkan helm di spion aku segera meninggalkan Aras. Tiba-tiba tasku ditariknya hingga aku terpental kebelakang “tunggu dong, Bi”

“apaan sih, udah telat ini” alibiku menaruh kedua tangan di dada menunggu dia bicara lagi.

“Bi ,sebenarnya aku ini salah apa sih. Kok sebentar-sebentar kamu marah, ngambek gak jelas ini”  Aras mulai mengeluarkan unek-uneknya

Mataku menyusuri lapangan, Mungkin Aras geram hingga mencengkram pergelangan tanganku “Bi.. kamu dengar gak sih kalau aku lagi ngomong”

“siapa sih yang ngambek sama kamu, aku fine-fine aja kok dan satu lagi, lepasin tanganku, sakit, Ras” rontaku menatap genggaman tangan Aras

Pegangan Aras merenggang, aku berbalik dan meninggalkan Aras diposisinya. Tak lama kemudian, Aras mempercepat langkahnya dan berdiri didepanku “kamu kok childish banget gini sih, Bi. Kalau ada yang salah itu tolong ngomong bukan malah dikit-dikit ngambek, lalu sasarannya di aku. Salahku apa? Kok kamu berubah gini sih, Bi. Aku kayak gak ngenalin kamu tau gak”

Ucapan Aras bikin telingaku panas, tapi aku juga malas ngedebat omonganya yang ada aku nangis sesunggukkan. Jujur aja aku gak terima dibilang kayak anak kecil.  Aku dorong Aras yang ngehalangi jalan “minggir, si childish ini mau lewat” ucapku ketus

“Bintang kamu itu…” Ucapan Aras terpotong karena bel masuk sudah berbunyi. Aku memercepat langkah menuju kelas. Sesak rasanya Aras bilang aku childist. Padahal gak pernah sama sekali Aras kasar sama aku. Seumur-umur baru ini. Fine bukan keras sih, mataku mulai berkaca-kaca. pandanganku membayang karena airmata masih tertahan. Segera aku menyeka sebelum itu jatuh, gengsi dong kalau Aras sampek tau. Tapi jujur aja sesaknya tetap kerasa. Mengelus-elus dada berkali-kali pun, rasa sakitnya tak hilang.

Komentar