Meng Iya Kan Keadaan


Pada satu titik, kita akan merasa lelah untuk memperjuangan. Padahal sudah bersusah payah tak membiarkan diri jatuh dan selalu menyakini bahwa bersungguh-sungguh akan mendapatkan balasan yang indah. Ada pepatah yang mengatakan bahwa hasil tak akan menghianati usaha. Jika ditarik garis tengah, itu artinya, apa yang di dapat setidaknya akan sepadan dengan apa yang telah dilakukan, seharusnya begitu kan?. Namun ternyata, itu tak berlaku untuk hatiku.

Aku pernah memperjuangan seseorang. Mulanya kupikir ini hanya sebuah perteman biasa antara dua orang yang memiliki kecintaan pada banyak hal yang sama. Tapi nyatanya, berlama-lama bersama dia menjadi saat-saat yang membahagiakan. Aku beranikan diri menaruh harap dan mendekat. Memantaskan diri untuk mendampingi dirinya. Berusaha untuk menjadi orang pertama yang selalu dicari. 

Tapi sayangnya, perjuanganku harus kuhentikan cepat-cepat, lantaran aku tau jika ia memiliki hati yang harus dijaga. Yang hatinya sudah sudah penuh cinta, tanpa permisi tiba-tiba aku masuk kedalamnya. Mungkin saja saat itu aku terlalu terbawa suasana. Hingga apa-apa yang dilakukannya padaku, kuanggap sebagai bentuk rasa yang juga kumiliki untuknya.

Aku mulai tahu dari sosial media, tepat ketika dirinya mengposting cerita indah dengan belahan jiwanya. Ya!, sebuah foto yang kuinterpretasikan berbeda dengan foto-foto lain yang ada diberandanya.  Foto bersama seorang perempuan yang mungkin itu dia yang dicinta. Aku melihat rona bahagia dari senyum yang dia sematkan diujung bibirnya.

Aku mundur perlahan, memastikan diri untuk beranjak sejenak meluapkan kekesalan hati karena jatuh cinta pada seseorang yang telah memiliki. Apakah waktu itu aku salah mencintai? Sedangkan ia juga tak pernah sekalipun bercerita dengan siapa melabuhkan hati yang perlahan-lahan mencuri perhatianku.

Bagiku, Dia itu istimewa meskipun aku tak bisa memiliki, namun tak sedikitpun membuatku kelelahan mencintai. Melalui dia aku jadi paham, jika diamnya seseorang juga bisa membuat jatuh hati secara berkala. Tiba-tiba terpana dengan sosok yang ternyata tak jauh dari kita.

 

Komentar