Tips Menulis Ala-Ala


Source: google.com

Jujur, aku masih belum pantas sih bagi tips buat cara nulis blog atau bikin cerpen online. Ya, u know lah, hasil tulisanku masih acakadul, masih jauh dari sempurna apalgi ejaan EYD mbleber kemana-mana. Aku saja masih penulis pemula. Lebih tepatnya ngaku penulis, dikatakan penulis setelah menghasilkan karya. Skripsiku misalnya (Hehe, sorry garing).  Tapi berhubung ada yang tanya dan minta tips dan trik. Bakalan ku jawab sepemahamanku oh bukan tapi kesok-tauanku tentang menulis. seperti aku share info-info mengenai dunia property. Tentunya itu gak lepas dari pengalaman pribadi. Oke. Mari saling berbagi.  

KUMPULKAN NIAT MENULIS -  Sudah pasti kalau mau menghasilkan tulisan, juga punya niat untuk menulis. Punya niat kalau hasil tulisan itu bakalan jadi goal mu untuk membuktikan diri bahwa kamu juga bisa jadi penulis. Karena memang semua sukses dari niat. Entah tulisanmu dibaca banyak orang atau tak seorang pun, setidaknya kamu memiliki niat untuk menghasilkan tulisan. 

MULAILAH MENULIS - Bagi pemula, coba menulis dari yang ringan-ringan. Bisa juga mulai dari aktivitas sehari-hari. Misalnya, pertama bangun tidur kamu ngapain, atau di jalan ketemu siapa, atau kegiatan seharian ngapain. Ga mungkin hari-harimu so flat, pasti selalu aja ada kejadian entah itu enak atau ga enak. Simple sih!, dari situ kamu bisa temukan inspirasi apapun. Dan jangan berhenti menulis. Terus konsisten menulis yaa, jeda boleh, tapi berhenti total jangan.

BANYAKIN BACA – Pernah denger membaca itu jendela ilmu ?. Nah! Aku setuju sama statment itu. It’s works!. Semakin banyak kamu baca buku, mau itu novel, literatur, buku pelajaran sekolah. Buku bergambar. Anything , itu bisa menambah perbendaharaan kata yang ada di kepalamu. Jadi semakin membuka lebar kesempatan kamu untuk berkarya di bidang tulis menulis.

PUNYA IMAJINASI YANG UPNORMAL– Imajinasi itu perlu kalau kalian mau buat suatu tulisan. Dari suatu kejadian kemudian kalian kembangkan dengan ide-ide briliant kalian. Kalau bisa dengan pemikiran-pemikiran yang di luar pikiran manusia wajarnya. Tentunya itu akan membantu mewujudkan sebuah karya. Mungkin sebagai pemula tak perlu dulu menggunakan kalimat yang terlalu rumit. Cukup bahasakan dengan kalimat sederhana, jika nanti sudah terbisa kamu boleh upgrade tulisanmu.

GAYA PENULISAN YANG KHAS -  Menurutku, setiap penulis punya gaya tulisan sediri. Kalau kamu sudah terbiasa menulis, lambat laut orang-orang akan mengenali tulisanmu. Jadi setiap baca karya tulisan mereka akan paham n said "wah.. ini pasti tulisan penulis ini ". Karena aku juga masih pemula, ya.. lebih tepatnya amatir. Masih penulis amatir jadi gaya penulisan juga masih aku cari yang menjadi khasku nanti. Ya.. kita sama-sama belajar lah

Nah.. Cukup sekian tips menulis ala-ala diriku untuk cara memulai tulisan entah itu puisi ataupun cerpen online. Semua hal yang terjadi sekitar bisa jadi tulisan kok. Atau patah hati, jatuh cinta. Wah.. itu lebih luwes lagi kalau mau dijadikan tulisan. Oke Selamat mencoba yaa. Inget jangan pernah berhenti untuk lakukan hobi yang punya dampak positif. Siapa tau dari hobi ada jalan meraup materi. Hehehe

Komentar